KWP COMMUNITY

Sebelumnya kami ingin mengucapkan terima kasih atas kunjungan teman-teman di Website Komunitas Wong Purwodadi(KWP) ini.
Awal terbentuknya KWP ini 15 November 2010, dan alhamdulillah member yang sudah bergabung sampai saat ini kira-kira 1259 anggota dari berbagai daerah dan juga luar negeri yang kesemuanya mayoritas adalah warga GROBOGAN - JAWA TENGAH.
KWP ini memang bukan sebuah lembaga atau instansi pemerintahan,namun KWP ini adalah sebuah forum / komunitas yang mempunyai Misi dan Visi tertentu.
MISI :
1.Memperkenalkan KWP ini ke media
2.Mengajak teman - teman untuk bergabung dengan KWP ini
3.Memperbanyak member yang bergabung di komunitas ini.
VISI :
Mempersatukan warga PURWODADI - GROBOGAN dalam satu komunitas agar terjalin sebuah tali Persaudaraan.

Jadi perlu kami tegaskan bahwa KWP hanya social community yang bertujuan hanya untuk mempersatukan warga GROBOGAN dalam sebuah wadah dengan tujuan utama memepererat rasa persaudaraan kita sebagai sesama warga GROBOGAN baik yang di dalam negeri dan luar negeri.

KWP mendukung penuh kepada Organisasi - Organisasi yang mempunyai visi untuk kemajuan daerah Grobogan Khususnya.
Harapan KWP
Semoga KWP bisa menjadi jembatan dan wadah untuk penyampaian aspirasi warga Purwodadi,meskipun KWP bukan lembaga atau element pemerintahan daerah namun kami akan coba untuk menyampaikan inspirasi dari para anggota ke Pemda setempat( Grobogan)melalui situs Web resmi Pemda Grobogan.
Perlu di garis bawahi bahwa KWP tidak pernah menjanjikan Informasi tentang keadaan terakhir Purwodadi,karena KWP bersifat flexible ,dalam hal ini KWP bukan media informasi. Namun kita juga tidak pernah menolak berita sekilas Purwodadi,justru kita sangat mengaharapkan partisipasi dari para anggota untuk beresedia memberitahukan disetiap kali ada perkembangan informasi.

Rabu, 06 April 2011

Purwodadi - Grobogan



1.Grobogan

Grobogan diambil dari sejarah menurut cerita  yang beredar di daerah grobogan : Menurut cerita tutur yang beredar di daerah Grobogan, suatu ketika pasukan Demak di bawah pimpinan Sunan Ngudung dan Sunan Kudus menyerbu ke pusat kerajaan Mojopahit. Dalam pertempuran tersebut pasukan Demak memperoleh kemenangan gemilang. Runtuhlah kerajaan Mojopahit. Ketika Sunan Ngundung memasuki Istana, dia menemukan banyak pusaka Mojopahit yang ditinggalkan. Benda-benda itu dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam sebuah grobog, kemudian dibawa sebagai barang boyongan ke Demak.Peristiwa tersebut sangat mengesankan hati Sunan Ngudung. Sebagai kenangan, maka tempat tersebut diberi nama Grobogan yaitu tempat berupa grobog. 






Di atas dijelaskan, bahwa grobog adalah sebuah kotak persegi panjang yang digunakan untuk menyimpan uang atau barang yang dibuat dari kayu. Kadang-kadang berbentuk bulat, agar mudah membawanya dan dengan cepat dapat diselamatkan apabila ada bahaya mengancam, misalnya bahaya kebakaran. Tetapi grobog juga dapat berarti kandang yang berbentuk kotak untuk mengangkut binatang buas (misalnya: harimau) hasil tangkapan dari perburuan. Grobog tersebut dapat juga digunakan sebagai alat penangkap harimau. Grobog ini biasa disebut Grobog atau bekungkung (bila kecil disebut: jekrekan untuk menangkap tikus) (Geriecke dan Roorda, 1901 : 569).Dari penjelasan diatas, Grobogan berasal dari kata Grobog yang dalam salam ucapnya menjadi "grogol". yaitu alat penangkap binatang buas. Di Kotamadya Surakarta terdapat kampung bernama Grogolan, yang dahulu tempat mengumpulkan harimau hasil perburuan (digrogol atau dikrangkeng). Di perbatasan Kotamadya Surakarta dengan Kab. Dati II Sukoharjo terdapat desa yang bernama desa Grogol, Kec. Grogol, ialah daerah perburuan Sunan Surakarta dan Pajang pada zaman kerajaan.Sejalan dengan penjelasan di atas maka Grobogan adalah sebuah daerah yang digunakan sebagai daerah perburuan. Dan ternyata daerah ini merupakan daerah perburuan Sultan Demak (Atmodarminto, 1962 : 119) atau merupakan daerah persembunyian para bandit dan penyamun zaman Kerajaan Demak Pajang (Atmodarminto, 1955 : 123). Pada zaman Kartasura daerah ini merupakan daerah tempat tinggal tokoh-tokoh gagah berani dalam berperang (Babad Kartosuro, 79), misalnya : Adipati Puger, Pangeran Serang, Ng. Kartodirjo, dan lain-lain.

Samana jeng Suitan karsa lelangen, amburu sato ing wanadri, Trenggono kadherekaken para abdi, mring Sela wus laju maring anggrogol sato wana.  

Dalam abad XIX daerah Grobogan merupakan daerah persembunyian para pahlawan rakyat penentang kekuasaan kolonial Belanda, bersama-sama dengan daerah Sukowati. Daerah ini sangat cocok sebagai daerah persembunyian, karena merupakan daerah hutan jati yang lebat dan berbukit-bukit.

                                                                       
Peta Purwodadi



2.Purwodadi


Adalah kota kecil yang ber kabupaten didaerah Grobogan - Jawa Tengah.7° 4' 46.86" S  110° 53' 15.89" E ( in Kuripan, Purwodadi Grobogan, Indonesia).
Purwodadi adalah ibu kota dan sebuah kecamatan di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah bagian timur dengan geografi berbentuk lembah yang diapit oleh dua pegunungan kapur, yaitu Pegunungan Kendeng di bagian selatan dan Pegunungan Kapur Utara di bagian utara.
Dua pegunungan tersebut terdiri dari hutan jati, mahoni dan campuran yang memiliki fungsi sebagai resapan air hujan disamping juga sebagai lahan pertanian meskipun dengan daya dukung tanah yang rendah.
Lembah yang membujur dari barat ke timur merupakan lahan pertanian yang produktif, yang sebagian telah didukung jaringan irigasi. Lembah ini selain dipadati oleh penduduk juga terdapat banyak aliran sungai, jalan raya dan jalan kereta api.
Purwodadi terkenal dengan masakan swikenya.

  Meski termasuk kota kecil namun daerah ini memberikan nuansa yang berbeda menurut saya pribadi.
Nuansa kekeluargaan dan persaudaraan sangat di junjung tinggi,gotong royong masih di terapkan di daerah ini.,terbukti sampai sekarang disetiap kali ada pekerjaan yang menyangkut kepentingan umum bahkan kepentingan pribadi sekalipun masih banyak warga yang bahu membahu mengerjakan pakerjaan secara bersama-sama, meskipun itu tanpa adanya imbalan apapun. Kesadaran ini lah yang menjadi nilai lebih dari penduduk warga Purwodadi-Grobogan..

Banyak tempat wisata alam di daerah ini yang harus kalian kunjungi khususnya buat kalian yang berjiwa petualang.klik sini







0 komentar:



  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009